admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik

WhatsApp Gateway Gratis

1 min read

WhatsApp Gateway Gratis

Sebagai aplikasi chatting populer dan banyak digunakan, ada banyak hal yang bisa dikembangkan dari WhatsApp. Salah satunya dengan mengaktifkan layanan WA Gateway. Sebenarnya, adakah sistem WhatsApp Gateway gratis yang bisa digunakan?

Mengenal API Pada WhatsApp Gateway

Berbicara mengenai WhatsApp Gateway, maka tidak bisa dipisahkan pada script API yang harus digunakan di dalamnya. Sederhananya, API diibaratkan sebagai jembatan yang menghubungkan antara suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Adapun API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface. Pada WhatsApp Gateway, terdapat API yang memungkinkan Anda mengirimkan pesan secara terprogram. Tentunya, dengan bahasa pemrograman tertentu yang bisa membuat sistem WA Gateway berjalan.

Alasan Menggunakan WhatsApp Gateway Gratis

Untuk mengirimkan programmaticallnya message atau pesan terprogram WhatsApp, Anda membutuhkan script API khusus. Salah satunya, bisa didapatkan dengan WhatsApp API Gateway.

Mengingat pihak resmi WhatsApp tidak mempublish API milik mereka. Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya seperti Telegram. Walaupun ada API resmi dari WA, nyatanya layanan tersebut hanya ada di WhatsApp Business.

Tentunya, API tersebut sudah terverifikasi dan harganya relatif mahal karena dari pihak WhatsApp langsung. Oleh karena itu, solusinya untuk menghemat biaya adalah menggunakan WhatsApp API Gateway yang tidak resmi atau unofficial.

Harganya dikenal jauh lebih murah dengan fitur yang tak kalah fungsional. Bahkan, beberapa diantaranya ada WhatsApp Gateway gratis yang bisa digunakan tanpa biaya langganan sepeser pun.

Jenis-Jenis WhatsApp Gateway yang Beredar di Internet

Pada dasarnya, terdapat layanan WhatsApp API Gateway dari luar negeri dan dalam negeri yang berseliweran di internet. Anda harus teliti ketika memilihnya mengingat script tersebut tidak berasal dari pihak official WhatsApp.

Beberapa pilihan WhatsApp API Gateway luar negeri misalnya Chatapi, Twilio, Apiwha/Rapiwha, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk versi dalam negeri yang direkomendasikan adalah Whacenter, Wablas, WhatsPie, Woowandroid, Wafel, Fonnte, dan Maxxgrab.

Baca Juga  Ragam Broadcast Lucu WA Buat Iseng Kirim Ke Teman

Masing-masing memiliki kelebihan dan keterbatasan tersendiri. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan dengan fitur-fitur yang akan dimanfaatkan. Tidak hanya itu, biaya berlangganannya pun bervariasi mulai dari Rp150 ribu sampai Rp395.000.

Cara Mendapatkan WhatsApp Gateway Gratis

Walau bagaimana pun juga, harga berlangganan API WhatsApp Gateway memang tidak murah bagi sebagian kalangan. Mungkin saat ini Anda tidak ingin membayar biaya langganan tiap bulan untuk menikmati layanan WhatsApp Gateway.

Lalu, adakah cara untuk mendapatkan API WA Gateway tersebut secara gratis? Tentu saja ada jalannya, misalnya dengan menggunakan beberapa layanan sebagai berikut.

  1. WA-GW

Pada dasarnya, ini merupakan aplikasi berbasis desktop di OS Windows yang memungkinkan Anda melakukan otomatisasi pengiriman pesan WA.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, namun hanya berjalan pada laptop/PC yang dihidupkan. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan VPS Windows. WA-GW tidak hanya bisa mengirimkan pesan otomatis berupa teks,namun juga file gambar, video, dan dokumen. Selain itu, bisa juga menggunakan wa blast untuk memaksimalkan kinerja aplikasinya.

  • Developer Kirimwa.id

Layanan ini gratis digunakan dan termasuk baru untuk WhatsApp Gateway. API yang dikembangkan developer dalam negeri ini bisa diakses di https://developer.kirimwa.id/. Untuk pendaftarannya sendiri bisa dilakukan secara manual melalui Google Form.

  • Excel To WhatsApp

Untuk mendapatkan fitur auto reply di WhatsApp Gateway secara gratis, Anda juga bisa menggunakan Excel to WhatsApp dengan mendownloadnya terlebih dahulu. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa menghubungkan Excel dengan WA untuk mendapatkan fitur auto reply ini.

WhatsApp Gateway gratis memang banyak diincar bagi yang memiliki budget minim. Terlebih harga API WhatsApp sendiri tidak murah, terlebih jika ingin berlangganan setiap bulan. 

Baca Juga  SMS Gateway Whatsapp
admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik

Blast WA

admin
1 min read

Cara Menggunakan WA Blast

admin
1 min read

Cara WA Blast Gratis

admin
1 min read