admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik

WhatsApp API Gateway

1 min read

WhatsApp API Gateway

WhatsApp API gateway merupakan salah satu cara yang dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan WhatsApp otomatis secara massal menggunaan protokol HTTP. Lalu, apa sebenarnya WhatsApp gateway sistem API? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu API Gateway?

API (Application Programming Inteface) merupakan suatu alat yang dapat menghubungkan antara WhtasApp dengan aplikasi lain. Melalui WhatsApp Gateway sistem API, Anda dapat mengirimkan atau menerima pesan secara otomatis yang terjadwal.

Sistem ini hanya tersedia pada WhatsApp bisnis atau WhatsApp gateway saja. Sistem pada API terdiri dari serangkaian kode yang dapat terhubung dengan WhastApp. Biasanya, sistem API membutuhkan pihak ketiga berupa aplikasi atau situs untuk menghubungkan kode ke WhatsApp.

WhatsApp API sangat cocok digunakan dalam WhatsApp Bisnis. Melalui WhatsApp bisnis API, Anda dapat merespon pelanggan dengan otomatis. Dengan begitu, akan meningkatkan pelayanan Anda dalam berbisnis.

Kelebihan WhatsApp Gateway API

Sebagai sistem, tentunya API memiliki kelebihan tersendiri yang cukup menarik. Kelebihan sistem API WhastApp gateway diantaranya dapat memudahkan Anda untuk mengirimkan pesan secara massal atau ke banyak kontak.

Sistem API juga dilengkapi dengan profile business yang dapat memberikan informasi bagi pelanggan mengenai deskripsi bisnis, alamat, email hingga situs web yang Anda miliki. Sistem API juga memungkikan untuk mengunduh dan menyimpan semua kontak, percakapan, dan sebagainya.

Melalui sistem API, Anda juga dapat membalas pesan secara otomatis. Tidak hanya itu saja, sistem API juga dilengkapi dengan Multi Agent Process sehingga memungkinkan WhatsApp untuk diakses oleh lebih dari satu orang serta nomor dan nama Anda akan secara otomatis dapat tersimpan. Selain itu, bisa juga menggunakan wa blast untuk memaksimalkan kinerja aplikasinya.

Baca Juga  WA Blast Pro

Cara Membuat WhatsApp Gateway

Setelah mengetahui tentang WhatsApp API gateway beserta kelebihanya, berikut akan dibahas tentang cara membuat atau mengaktifkan WhatsApp Gateway. Agar lebih jelas, yuk simak langkah-langkah berikut ini.

  • Menghubungi Situs atau Website

Agar dapat mengakses API WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan beberapa situs atau website yang menyediakan layanan WhatsApp gateway. Mayoritas beberapa situs yang tersedia tidak tersedia secara gratis alias berbayar.

Tentukan situs atau website mana yang akan Anda gunakan untuk membuat WhatsApp gateway, kemudian hubungi situs tersebut dengan membuka halaman websitenya.

  • Melakukan Verifikasi Akun

Langkah selanjutnya yaitu dengan membuat akun pada situs tersebut. Lakukan pendaftaran akun pada situs pilihan Anda dan jangan lupa untuk melakukan verifikasi. Setelah berhasil, Anda dapat melakukan login pada situs tersebut dan dilanjutkan dengan membuat WhatsApp gateway.

  • Menghubungkan WhatsApp dengan Situs

Setelah berhasil login, hubungkan WhatsApp dengan situs pilihan Anda. Cara menghubungkan WhatsApp dengan situs hampir sama dengan mengguhubungkan WhatsApp dengan WhatsApp Web yaitu dengan melakukan scan QRcode.

Setelah terhubung, salin link API rest agar terintegrasi bot WhastApp dapat membaca atau menerima pesan. Ikuti semua arahan dari situs hingga pada tahap pembuatan script PHP.

  • Membuat Script PHP

Script PHP untuk WhatsAp gateway dapat dibuat berdasarkan tujuan. Misalnya, script PHP digunakan untuk mengirim pesan, membaca pesan WhatsApp, atau membaca pesan terkirim. Setiap tujuan tersebut tentunya memiliki script PHP yang berbeda.

Setelah selesai, salin dan tempelkan teks kode tersebut pada script PHP. Kemudian, simpan script PHP tersebut pada file yang ada di komputer Anda. Setiap script PHP yang Anda buat, dapat dicek untuk memastikan keberhasilannya.

WhatsApp API gateway dapat dibuat dengan mudah melalui website atau situs yang sudah tersedia di internet. Meskipun mayoritas berbayar, namun hal tersebut sebanding dengan manfaat yang akan Anda peroleh.

Baca Juga  Cara Membuat WA Blast
admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik

WA Auto Sender

admin
1 min read

WA Sender Extension

admin
1 min read

WA Bulk Sender Free

admin
1 min read