admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik

Cara Membuat WhatsApp Gateway dengan PHP

1 min read

Cara Membuat WhatsApp Gateway dengan PHP

Membuat WA Gateway berbasis PHP merupakan cara tepat jika Anda ingin mendapatkan plaform custom yang sesuai dengan keinginan. Simak ulasan berikut ini mengenai cara membuat WhatsApp Gateway dengan PHP sendiri melalui perangkat berbasis komputer atau laptop.

Menginstal Platform yang Digunakan

Langkah pertama, yaitu menginstal platform yang ingin digunakan terlebih dahulu karena WA Gateway tidak bisa dibuat menggunakan aplikasi WhatsApp biasa. Anda perlu menginstal aplikasi dari pihak ketiga terlebih dahuulu di laptop.

Ada banyak pilihan platform dari pihak ketiga yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan penggunaan WA Gateway nantinya. Sebab, setiap platform menyediakan keunggulannya masing-masing dengan fitur utama yang bisa saja berbeda.

Instalasi ini tidak memakan banyak waktu karena sistemnya sama seperti ketika Anda memasang aplikasi biasa. Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa langsung masuk ke platform tersebut untuk memulai pembuatan WA Gateway berbasis PHP.

Melakukan Login

Berikutnya, pengguna harus login terlebih dahulu ke dalam akun dengan memasukkan nomor WA yang biasa digunakan. Umumnya, platform untuk membuat WA Gateway sudah menyediakan menu add new number yang bisa diklik untuk login dengan nomor WhatsApp.

Apabila Anda menggunakan WhatsApp Gateway disarankan untuk tidak menggunakan nomor pribadi. Sebaiknya nomor WA yang didaftarkan merupakan kontak umum untuk kepentingan bisnis atau bertujuan memberikan layanan pada masyarakat.

Hal ini karena login dengan nomor WA pribadi dikhawatirkan akan membahayakan privasi Anda karena WA Gateway rentan diincar hacker. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pemblokiran akun, sebab tidak menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Selain itu, bisa juga menggunakan wa blast untuk memaksimalkan kinerja aplikasinya.

Membuka Whatsapp Web

Baca Juga  Membuat WA Gateway

Cara membuat WhatsApp Gateway dengan PHP selanjutnya, yaitu membuka menu WA web yang sudah disediakan di platform. Akan ada tampilan baru pada laman platform berisi QR Code yang harus Anda scan.

Lalu, klik my number dan salin semua angka yang ada pada kolom API key di dalam website tersebut. Platform WA Gateway dari pihak ketiga ini memungkinkan Anda untuk mendapftarkan lebih dari satu nomor WhatsApp.

Fitur tersebut tentu saja menguntungkan apabila WA Gateway tersebut akan digunakan oleh banyak pihak. Sebab, pada umumnya WA Gateway memang digunakan untuk keperluan besar, seperti bisnis misalnya yang membutuhkan banyak customer service untuk memberikan respon cepat.

Membuat Script WA

Pembuatan script PHP ini merupakan bagian yang paling penting karena langkah ini menentukan kinerja WA Gateway nantinya. Script WA ini diperlukan agar WA Gateway bisa membaca pesan yang masuk pada akun WhatsApp Anda.

Anda perlu membuat file baru di folder penyimpanan WA Gateway dengan format nama pesan_masuk.php. Selanjutnya, tulis seluruh script PHP tersebut ke dalam file, lalu simpan agar WhatsApp Gateway bisa menerima pesan masuk.

Berikutnya, Anda juga perlu membuat script PHP pesan terkirim agar bisa menulisan WA kepada kontak. Caranya hampir sama, yaitu membuat file dengan nama pesan_keluar.php, masukkan kode pemrograman, lalu simpan hasilnya.

Akan tetapi Anda harus tahu bahwa koce script pesan terkirim tersebut hanya bisa digunakan saat ada orang lain mengirim WhatsApp kepada Anda terlebih dahulu. Kode tersebut tidak bisa digunakan pada semabarang nomor tujuan apalagi dengan maksud spamming.

Cara membuat WhatsApp Gateway dengan PHP sebenarnya tidak terlalu sulit karena sudah ada platform tambahan yang bisa digunakan. Menggunakan WA Gateway berbasis PHP ini merupakan pilihan menarik apabila Anda ingin mendapatkan fitur yang tidak ada di WhatsApp biasa.

Baca Juga  WA Blast Android Gratis
admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik
Secured By miniOrange