Strategi Meningkatkan Penjualan Dengan Marketing WA

2 min read

Strategi Meningkatkan Penjualan Dengan Marketing WA- Ketika digunakan untuk pemasaran, peran media sosial sangat bermanfaat. Saat ini, social media marketing memang sangat efektif dalam membantu perusahaan atau perusahaan merumuskan strategi pemasaran. Namun, perlu dicatat bahwa setiap media sosial memiliki karakteristiknya sendiri.

Sumber gambar: accurate.id

Salah satu alasan menggunakan WhatsApp sebagai alat pemasaran adalah karena banyak pelanggan Anda mungkin sudah menggunakannya. Buktinya, lebih dari 50 miliar pesan dikirim melalui WhatsApp setiap hari. Sehingga makin banyak pula yang memerlukan trik dan strategi marketing WA ini.

Tetapi WhatsApp tidak menjual ruang iklan, jadi Anda harus inovatif dalam metode pemasaran Anda. Karenanya penting untuk terus mengembangkan strategi pemasaran yang paling efektif. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan pemasaran secara online ini dengan lebih baik.

Peranan WhatsApp Untuk Marketing Bisnis

Sebagai seorang pebisnis, pelaksanaan promosi sangat penting untuk meningkatkan nilai jual suatu produk. Pemasaran WhatsApp memainkan perannya dalam menarik pelanggan. Berikut beberapa peran WhatsApp dalam meningkatkan operasional bisnis, antara lain:

Sumber gambar: accurate.id

1. Tambahan sistem distribusi yang baik

Pelanggan dapat didorong untuk membagikan lokasi mereka melalui WhatsApp. Mendapatkan detail kontak yang tepat untuk lokasi pengiriman Anda dapat membantu bisnis Anda melakukan pengiriman lebih cepat dengan memilih rute terpendek untuk mengoptimalkan biaya pengoperasian.

 2. Kian akrab dan loyal dengan customer

Dengan fitur obrolan WhatsApp yang mudah digunakan, bisnis dapat menjangkau pelanggan mereka secara efisien dan lebih cepat. Sehingga strategi dengan marketing WA bisa lebih optimal untuk digunakan dalam jangka panjang.

Sumber gambar: exrush.com

 3. Grup untuk pengembangan marketing yang lebih praktis

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membuat grup hingga 100 orang. Anda dapat mengambil kesempatan untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda, yang dapat meningkatkan pemasaran Anda.

Baca Juga  Tips Mengirim Pesan Massal dengan Whatsapp Sender Pro V5

Tips Menerapkan Starategi Dengan WhatsApp Marketing

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi favorit yang membawa banyak manfaat bagi para pengusaha. Adapun berikut ini berupa cara yang lebih efektif dalam penerapan WhatsApp Marketing yang bisa Anda ikuti:

• Perbanyak kontak dari customer

Utamanya dalam memasarkan produk dengan penerapan startegi ini dimulai pada pengumpulan data dan kontak customer. Kontak pelanggan ini dapat diperoleh melalui jejaring sosial seperti Instagram, Twitter atau Facebook.

Sumber gambar: loops.id

Dimana Anda bisa mengatur untuk tetap terhubung dengan para customer hingga komunikasi berjalan baik. Mereka juga dapat menambahkan identitas untuk data dalam promosi bersyarat dan yang lainnya.

• Ciptakan keunikan merek yang khas

Whatsapp ini berupa aplikasi perpesanan sosial untuk berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, teman dan sahabat. Strategi penting dengan marketing WA ini adalah mempromosikan bisnis Anda dengan mempersonalisasi dan menciptakan keunikan merek yang khas.

• Dukung dengan beragam konten relevan yang unik

Penyiaran adalah fungsi berbagi pesan dengan beberapa orang pada saat yang bersamaan. Pesan promosi ini dapat berupa produk informasi dan promosi untuk dijual. Berbagi pesan ini harus dilakukan secara rutin tetapi tidak setiap hari, misalnya dapat dilakukan dua kali seminggu.

Sumber: merchant.id

Whatsapp memiliki lebih banyak interaksi pengguna daripada Facebook. Itu tampak seperti peluang besar sejak awal. Tetapi mengirim pesan terus-menerus dengan penawaran yang tidak relevan tidak akan berhasil dan mengganggu target konsumen Anda.

• Interaksi lebih dekat melalui grup bersama

Bergabung dengan grup dapat menjadi langkah pertama dalam mempromosikan bisnis. Ada baiknya jika pemilik bisnis perlu mengenal anggota tim terlebih dahulu, agar tidak ada yang repot.

Baca Juga  Ini Bedanya WA Broadcast dan WA Blast Buat Anda yang Masih Bingung!

Mengenal anggota tim Anda membutuhkan waktu, tetapi kemudian Anda dapat mencoba mempromosikan produk Anda secara bertahap. Bergabung dengan grup juga dapat memudahkan perusahaan untuk mendapatkan prospek baru.

Itulah beberapa ulasan terkait strategi meningkatkan penjualan dengan marketing WA yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga membantu sebagai tambahan referensi yang baik. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan pemasaran secara online yang semakin baik lagi.