Apa Itu Broadcast WA? Yuk Simak Ulasannya!

1 min read

Apa Itu Broadcast WA? Yuk Simak Ulasannya! Jika Anda berada di artikel ini, Anda mungkin adalah pembisnis yang ingin menargetkan pelanggan atau pemirsa Anda melalui pesan siaran WhatsApp. Ada begitu banyak alat gratis atau berbayar di luar sana yang mengklaim dapat membantu Anda membuat daftar siaran WhatsApp, untuk mengirim pesan ke pelanggan dalam satu klik. Tetapi apakah itu benar? Dan bagaimana caranya?

Dalam artikel ini kita akan membahas semua aspek siaran WhatsApp sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana Anda dapat memanfaatkan siaran WhatsApp untuk bisnis Anda. Ada beberapa cara untuk memulai siaran WhatsApp tetapi hanya satu yang paling efektif untuk bisnis apapun. Mari kita bicara lebih banyak tentang siaran WhatsApp secara detail. Sebelum itu ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari Broadcast WA.

Sumber gambar : unsplash.com/ Priscilla Du Preez

Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari, Anda mungkin telah menerima beberapa pesan seperti “Kirim Pesan Ini Ke 10 Orang Lagi dan Anda akan mendapatkan kabar baik di malam hari”. Pesan WhatsApp ini adalah pesan siaran yang dikirimkan kepada Anda. Siaran mengacu pada pengiriman sinyal atau pesan dari satu sumber ke beberapa tujuan pada saat yang bersamaan. Untuk siaran WhatsApp, ketika pengguna WhatsApp mengirim pesan ke beberapa penerimanya dalam satu klik.

Sumber gambar : unsplash.com/ John Tuesday

Inilah yang disebut dengan pesan siaran WhatsApp. Tidak ada penerima yang dapat melihat penerima siaran lainnya. Jadi, dapat dikatakan Broadcast WA adalah  pesan yang ditujukan untuk orang tertentu namun bisa dikirim secara massif dengan jumlah yang banyak. Selain itu, pesan ini juga hanya bisa dilihat oleh si penerima saja. Sehingga dapat dikatakan lebih aman dan bersifat privat.

Sumber gambar : unsplash.com/ Maxim Ilyahov

Baik Anda menggunakan Aplikasi perpesanan WhatsApp atau Aplikasi WhatsApp Business, Anda dapat memulai siaran WhatsApp hanya dengan mengklik tiga titik di menu tiga titik kanan atas di jendela utama ‘CHAT’. Sangat mudah untuk membuat daftar siaran WhatsApp di Aplikasi WhatsApp Business untuk mengirim pesan yang diinginkan ke audiens Anda.

Tetapi seperti ada beberapa batasan untuk jenis Broadcast WA. Pertama, bayangkan, sebuah bisnis memiliki nomor WhatsApp Anda dan jumlah ribuan orang seperti Anda. Sekarang, bahkan Anda belum menambahkannya, mereka secara teratur mengirim spam ke kotak masuk Anda dengan pesan promosi seperti yang Anda terima di SMS setiap hari. Kedengarannya tidak bagus, bukan?

Untuk mengatasinya, Aplikasi WhatsApp Business mengirim pesan siaran hanya kepada pengguna yang telah menyimpan nomor Anda sebagai kontak mereka. Jadi, Anda tidak dapat mengirim pesan promosi apa pun sebagai siaran. Hanya kontak yang telah menambahkan Anda ke buku alamat telepon mereka yang akan menerima pesan siaran Anda. Kemudian Anda dapat memilih maksimal 256 kontak untuk membuat daftar Siaran WhatsApp. Karena Anda adalah pemilik bisnis, kemungkinan besar Anda memiliki jumlah kontak yang lebih banyak daripada 256.

Sumber gambar : unsplash.com/ Joseph Frank

Selain itu, tidak ada API pada Broadcast WA atau integrasi yang tersedia sehingga bisnis tidak dapat mengotomatisasi diri mereka sendiri menggunakan API dan CRM mereka. Lalu mungkin Anda bertanya apakah pesan siaran ini cukup untuk menjalankan bisnis? Ini semua tergantung pada penggunannya. Jika Anda adalah bisnis lokal atau kecil yang beroperasi dengan baik menggunakan Aplikasi WhatsApp Business. Itulah penjelasan singkat mengenai Broadcast WA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *