admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik

WhatsApp Gateway PHP

1 min read

WhatsApp Gateway PHP

WhatsApp gateway merupakan sistem yang dapat dimanfaatkan untuk mengirim atau menerima sebuah pesan secara otomatis, salah satunya dengan menggunakan script PHP. Lalu, bagaimana cara membuat WhatsApp gateway PHP tersebut agar berfungsi? Yuk simak ulasan berikut ini.

Lakuan Pendaftaran dan Verfifikasi pada Situs

Membuat WhatsAppp gateway dapat dilakukan dengan bantuan pihak ketiga berupa aplikasi atau situs. Saat ini, sudah banyak situs atau website yang menyediakan layanan WhatsApp gateway. Anda diharuskan melakukan pendaftaran dan verfikasi akun pada situs yang akan digunakan.

Setelah berhasil memperoleh akun resmi dari situs pilihan Anda, loginlah dengan nomor sebelumnya telah didaftarkan. Kemudian, hubungkan WhatsApp di handphone dengan halaman situs atau website tersebut dengan cara melakukan scan QRcode pada menu WhatsApp Web.

Tunggu beberapa saat hingga WhastApp dan situs terhubung. Kemudian, pilih “My Number” lalu salinlah “API key” pada kolom yang sudah tersedia. Ikuti semua arahan dari halaman situs hingga Anda dapat membuat Script PHP untuk membuat WhatsApp gateway. Selain itu, bisa juga menggunakan wa blast untuk memaksimalkan kinerja aplikasinya.

Buat Script PHP untuk Membaca Pesan WhatsApp

Langkah pertama untuk membuat WhatsApp gateway PHP yaitu dengan membuat sebuah file baru yang diberi nama pesan_masuk.php. Setelah itu, Anda dapat menuliskan script PHP dalam file tersebut.

Tuliskan script PHP dengan benar agar sistem dapat membacanya. Biasanya, script PHP yang akan dimasukkan berupa teks kode yang didalamnya terdapat Api key dan nomor dengan type “IN” untuk membaca pesan yang masuk.

Selanjutnya, klik “Save” untuk menyimpan script PHP tersebut. Ketika selesai menulis script PHP, Anda dapat melakukan pengecekan terhadap hasilnya. Jika ingin mengetahui hasil dari script yang sudah Anda tulis, dapat dilihat melalui https://localhost/whatsapp/pesam_masuk.php.

Baca Juga  Source Code WA Gateway

Buat Script PHP untuk Membaca Pesan Terkirim

Langkah berikutnya yaitu dengan membuat script agar dapat membaca pesan yang telah terkirim. Caranya dengan membuat lagi file baru yang diberi nama pesan_keluar.php. Kemudian, buatlah kode script PHP untuk membaca yang terkirim.

Sama halnya dengan sebelumnya, script PHP yang dipakai untuk membaca pesan terkirim mengandung teks kode yang didalamnya memuat Api key, nomor yang Anda gunakan. Namun, untuk membaca pesan terkirim menggunakan type “OUT”.

Setelah selesai menuliskan kode scrip PHP dengan benar, pilih “Save” untuk menyimpan kode tersebut. Hasil kode script yang telah Anda tulis dapat cek melalui https://localhost/whatsapp/pesan_keluar.php pada browser perangkat.

Buat Script untuk Kirim Pesan

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu membuat script yang digunakan untuk mengirim pesan. Perlu diingat bahwa script yang akan dibuat ini akan bekerja jika pengguna pernah mengirimkan pesan dulu. Selain itu, Script PHP ini tidak dapat digunakan untuk tujuan spamming.

Cara membuat script kirim pesan yaitu dengan membuat file terlebih dahulu dengan nama kirim_pesan.php. Lalu, masukkan script PHP yang Anda buat untuk dapat digunakan mengirim pesan.

Berbeda dengan membuat script PHP sebelumnya, untuk script PHP pesan terkirim didalamnya terdapat teks kode yang mengandung Api Key, nomor tujuan, dan pesan yang akan dikirim. Klik “Save” dan hasil script dapat Anda cek melalui https://lokalhost/whatsapp/kirim_pesan.php.

Membuat WhatsApp gateway PHP dapat dilakukan dengan bantuan pihak ketiga berupa aplikasi. Melalui aplikasi, Anda dapat membuat WhatsApp gateway secara otomatis. Aplikasi gateway dapat dibuat sendiri.

Beberapa kebutuhan untuk membuat aplikasi diantaranya Windows 7 X64 bit, visual studio versi1 2010 atau 2013 ultimate (disarankan menggunakan versi 2013), dan browser Chrome. Selain itu, juga dibutuhkan SQL server Express versi 2005.

Baca Juga  Excel To WhatsApp Gateway Full Version
admin watsap.id adalah aplikasi wa sender dan wa blast gratis dapat mengirim pesan wa dalam sekali klik

WA Auto Sender

admin
1 min read

WA Sender Extension

admin
1 min read

WA Bulk Sender Free

admin
1 min read