Tutorial WA Bulk Sender : Cara Mengirimkan Pesan Bulk di WA

1 min read

Tutorial WA Bulk Sender : Cara Mengirimkan Pesan Bulk di WA – Saat ini hampir setiap orang memiliki HP dan nomor WA masing-masing, sehingga tidak heran aplikasi instant messaging ini makin meningkat dengan banyak orang yang menggunakannya. Aplikasi whatsap ini tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi saja, namun juga bisa Anda gunakan untuk berjualan.

Ladang bisnis paling ampuh yang bisa digunakan adalah dengan adanya fitur status pada Whatsapp. Namun agar bisa semakin menguntungkan, Anda juga butuh cara lainnya untuk berjualan. Hal yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan menyimpan nomor pelanggan atau kenalan baru Anda.

Anda akan lebih mudah untuk menjangkau pasar lebih luas, jika mereka juga menyimpan nomor WA Anda. Akan tetapi Anda juga bisa mengirim pesan massal ke banyak pelanggan dengan WhatsApp bulk tanpa harus menyimpan nomornya.

Pengiriman pesan bulk ini hanya dapat dilakukan melalui WhatsApp official API (Application Programming Interface). Berikut tutorial WA bulk sender:

Apa itu WhatsApp Bulk?

WhatsApp bulk merupakan sebuah perangkat digital marketing yang secara bersamaan dapat mengirimkan pesan dalam jumlah besar ke banyak kontak. Dengan adanya WhatsApp Bulk ini Anda bisa mengirim pesan ke kontak yang belum menyimpan nomor Anda. Disamping itu juga tidak ada batasan nomor yang dapat dikirimi pesan.

Bagaimana Cara Mengirimkan Pesan WhatsApp Bulk dengan Mudah?

Berikut cara mengirimkan bulk  WA ke pelanggan dengan mudah:

Pilih WhatsApp Official Partner di Indonesia

Anda harus menggunakan WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API) Untuk dapat mengirimkan banyak pesan. WhatsApp API ini hanya bisa Anda peroleh melalui Business Solution Partner (BSP) di negara Anda berada.

Baca Juga  Tips Memilih Jasa Broadcast WA Yang Tepat

Lakukan Verifikasi Akun Bisnis

sumber : www.qontak.com

Untuk bisa membuktikan bahwa bisnis Anda telah memenuhi persyaratan, Anda harus melakukan proses verifikasi yang telah ditetapkan WhatsApp. Data yang diperlukan adalah:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Mengaktifkan Nomor WhatsApp dan Mengisi Profil

sumber : www.qontak.com

Tutorial WA Bulk Sender selanjutnya menentukan satu nomor telepon yang akan Anda gunakan sebagai nomor setelah terverifikasi yang nomor tersebut tidak dapat diganti untuk seterusnya. Saat WhatsApp Anda telah aktif, akan terlihat centang hijau.

Pelanggan akan dapat mengenal bisnis Anda, sehingga Anda harus memperbarui profil dengan mengisi informasi detail bisnis. Selain itu Anda juga bisa gunakan sebagai branding dan mengatur hal lain seperti katalog produk, jam operasional dan yang lainnya.

Siapkan Daftar Kontak

sumber : www.qontak.com

List kontak pelanggan yang pernah menghubungi bisnis Anda selanjutnya impor ke bentuk excel atau csv, kemudian unggah file tersebut pada sistem.

Siapkan Template dan Submit

sumber : www.qontak.com

Minimal 1(satu) hari sebelum pengiriman, sebaiknya siapkan template pesan untuk diperiksa konten pesannya oleh pihak WhatsApp. Sesuai dengan ketentuan pihak WhatsApp, hindari isi pesan yang mengandung hard selling seperti kata diskon, promo dan lainnya. Isi template pesan tersebut bisa gambar, teks, file atau video.

Kirim Pesan WhatsApp Bulk

Lakukan WhatsApp bulk sender setelah template mendapat persetujuan WhatsApp, dengan kontak dan template yang ada. Sistem akan mengirimkan secara otomatis bersamaan dalam hitungan menit. Aktifitas follow up akan jadi lebih terstruktur, sistematis dan masif dengan menyusun pesan berseri dan terjadwal yang bisa dikirim otomatis ke WhatsApp pelanggan.

Itu dia Tutorial WA Bulk Senderuntuk melakukan promosi agar bisa mencapai target penjualan dan meningkatkan bisnis Anda. watsap.id akan membantu bisnis Anda mengirimkan pesan bulk dengan lebih mudah.

Baca Juga  Inilah Contoh Broadcast WA Dalam Bentuk Promosi