Tips Pencegahan Broadcast WA Hoax yang Membahayakan

1 min read

Tips Pencegahan Broadcast WA Hoax yang Membahayakan Hoax atau berita bohong merupakan salah satu bentuk konten yang sengaja dibuat oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan dengan merugikan orang lain. Hal ini semakin marak terjadi ditengah kemajuan teknologi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tak hanya di ranah pribadi saja namun di kalangan banyak orang berita seperti ini ini cukup sering ditemukan.

Salah satu media yang sering digunakan untuk menyebarkan berita bohong ialah Whatsapp. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat umum sehingga sering menjadi sasaran empuk dari penyebaran berita bohong. Beberapa diantaranya justru dengan mudahnya disebarluaskan oleh pengguna Whatsapp.

Hal ini harus sesering mungkin dicegah dengan berbagai cara bukan hanya dari pihak pemilik aplikasi WA saja. Sebab seaman apapun sebuah sistem jika penggunanya tetap menyalahgunakan sistem tersebut tetap saja dapat merugikan banyak orang. Untuk meminimalisir kerugian Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini dalam mengatasi broadcast WA hoax.

Teliti Membaca Berita dan Lakukan Pengecekan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah selalu teliti dalam membaca berita terutama yang berasal dari broadcast pada aplikasi WhatsApp. Ketelitian yang dimaksud ialah lihat sumber berita termasuk penulis dan waktu penerbitan. Jika sama sekali tidak ada sumber terpercaya dari berita tersebut maka Anda jangan langsung percaya dengan berita yang disebarkan tersebut.

Sumber : Idnjurnal.com

Berikutnya Anda juga harus mengecek atau memeriksa kembali kebenaran broadcast WA hoax  dengan melihat situasi di sekitar atau menggunakan internet untuk mengecek kebenarannya. terkadang Jika berita tersebut menjadi isu yang hangat diperbincangkan maka akan banyak pembenaran maupun penyangkalan melalui berita resmi.

Baca Juga  Manfaat WA Marketing yang Wajib Diketahui

Hati-hati dengan Pesan Forward

Pesan forward atau pesan yang diteruskan biasanya juga sering menjadi bagian dari broadcast hoax yang sering tersebar di aplikasi WhatsApp. Banyak sekali jenis pesan yang merupakan berita bohong yang diteruskan berkali-kali pada pesan pribadi maupun pesan grup WhatsApp. Seringkali berita hoax tersebut disebarluaskan dengan cara forward.

Sumber : Tribunnews.com

Jika Anda menemukan pesan forward yang sudah diteruskan berkali-kali maka berhati-hatilah karena bisa jadi isinya merupakan berita hoax. Broadcast WA hoax lebih mudah tersebar dengan cara seperti ini. Untuk mengatasinya kembali lagi pada acara yang pertama yaitu periksa dan teliti kembali isi beritanya.

Lihat Keanehan dan Kejanggalannya

Secara kasatmata isi dari pesan atau berita bohong yang disebarkan seringkali memiliki kejanggalan atau keanehan. Pilihan tersebut salah satunya bisa terletak pada penempatan atau penggunaan kosakata. Makna dan arti dari pesan yang disampaikan juga kurang lebih cukup aneh bahkan sulit dimengerti.

Sumber : Cimahikota.go.id

Beberapa diantaranya bahkan tidak dapat dibuktikan sama sekali dengan situasi yang disebutkan pada isi pesannya. Pada saat membaca broadcast WA hoax tersebut pastikan Anda memperhatikan dengan cukup teliti setiap penggunaan kalimat bahkan simbol-simbol yang ada di dalamnya.

Tidak Meneruskan Pesan yang Janggal

Sumber : Viva.co.id

Jika Anda mendapatkan broadcast berisi pesan yang diduga merupakan hoax maka pastikan Anda jangan ikut menyebarkan dengan mengirimkan kembali kepada kontak maupun pada grup WhatsApp. Anda sendiri belum mengetahui kebenarannya meskipun berita tersebut cukup meyakinkan. Untuk mencegah berita tersebut terus tersebar dan menimbulkan kericuhan maka berhenti untuk menyebarkan kembali isi pesan tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegahan broadcast WA hoax yang akan sangat merugikan. Banyak sekali berita bohong yang terus berkembang di masyarakat sehingga merugikan salah satu pihak dan membuat kegaduhan.

Baca Juga  Inilah Cara Broadcast Nomor Baru Di WA yang Wajib Diketahui