Dijamin Berhasil, Inilah Cara Broadcast Di WA Tanpa Save Nomor

2 min read

Dijamin Berhasil, Inilah Cara Broadcast Di WA Tanpa Save Nomor – WhatsApp broadcast merupakan salah satu fitur yang bisa Anda temukan pada WhatsApp Business API yang didalamnya memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengirimkan pesan ke beberapa kotak atau bahkan ratusan kontak secara bersamaan.

Dengan adanya fitur ini, maka Anda selaku pengguna tidak perlu lagi mengubah isi pesan yang sama untuk dikirimkan secara kepada kontak tertentu. Biasanya, fitur yang satu ini dimanfaatkan oleh para pembisnis dalam upaya mengembangkan bisnisnya.

Secara umum, broadcast wa ini bisa disebarluaskan dengan catatan bahwa Anda menyimpan seluruh kontak yang ingin di kirim pesan tersebut.

Namun ternyata, meskipun Anda tidak menyimpan nomor tersebut, Anda tetap bisa mengirimkan broadcast tersebut. Adapun cara broadcast di WA tanpa save nomor yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut.

1. Harus Mengajukan Pengungkit Akun Facebook Business Manager

Bisnis yang Anda miliki tersebut harus memiliki surat secara resmi sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang memang sudah ditetapkan oleh pihak WhatsApp. Tak hanya itu, pastikan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan tersebut merupakan produk atau jasa yang ilegal.

Dalam proses verifikasi hanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak semuanya pihak Facebook ataupun WhatsApp. Untuk lebih mempermudah, Anda bisa bantuan dari bisnis solution provider hingga mendapatkan pengungkit dari Facebook.

Dalam melakukan langkah pertama dari cara broadcast di WA tanpa save nomor ini, Anda harus menyediakan beberapa dokumen seperti nama perusahaan, domain email, alamat situs web dan SIUP/NIB/NPWP bisnis.

2. Mencoba Untuk Bermitra dengan BSP Resmi WhatsApp

Bermitra atau bekerja sama dengan BSP tentu menjadi salah satu persyaratan wajib yang harus dilakukan. Karena nantinya, BSP inilah yanh akan membantu Anda dalam mendaftarkan nomor bisnis yang akan dijadikan WhatsApp API. Termasuk di dalamnya adalah Anda akan mendapatkan fitur canggih dari API WhatsApp.

Baca Juga  Apa Itu Broadcast WA? Yuk Simak Ulasannya!

3. Melengkapi Profil Bisnis

Sumber: qontak.com

 Langkah selanjutnya dari cara broadcast di WA tanpa save nomor ini yaitu Anda harus memperbarui profil akun bisnis Anda karena bisa membantu para pelanggan untuk mengenal bisnis Anda sebelum mengajukan pertanyaan. Tak hanya itu, ini juga dimanfaatkan sebagai branding.

Jika whatsapp sudah terverifikasi akan terlihat centang hijau saat WhatsApp aktif. Nama bisnis secara otomatis akan terlihat pada layar pelanggan meskipun mereka tidak menyimpan kontak Anda. Kemudian Anda bisa mengintegrasikan akun wa Anda tersebut dengan aplikasi CRM yang sudah disediakan.

4. Login Pada Chat Panel

Kemudian Anda harus login dengan password dan username yang sudah disediakan.

5. Menyusun Daftar Kontak Broadcast

Sumber: qontak.com

Lalu Anda harus membuat daftar kontak yang akan dikirim pesan broadcast tersebut dengan memasukkan daftar nomor satu persatu dan mengubahnya pada sistem dalam bentuk Excel. Kemudian Anda juga bisa membuat daftar lain dengan cara mengulangi cara blast WAp dari Excel ini.

6. Membuat Template Pesan Broadcast

Sumber: qontak.com

 Langkah selanjutnya dari cara broadcast di WA tanpa save nomor ini yaitu dengan cara memilih opsi template, kemudian add new template dan dilanjutkan dengan tulis pesan siaran yang ingin Anda sampaikan tersebut serta sisipkan gambar, dokumen atau video agar lebih menarik.

7. Mengirim Pesan Ke Semua Kontak

Sumber: qontak.com

Langkah terakhirnya yaitu Anda mengirim pesan siaran pada template pesan ke nomor yang ada pada list dengan cara mengklik new broadcast message. Kemudian memilih tipe kampanye dan dilanjutkan dengan bangun tempat kampanye yang akan dikirim.

Lalu tunggulah beberapa menit karena sistem akan mengirimkan pesan secara otomatis di waktu yang bersamaan. Ulangi tahap ini jika Anda ingin mengirimkan pesan broadcast tersebut.

Baca Juga  Inilah Cara Broadcast Ganti Nomor WA

Itulah tadi beberapa langkah langkah dari cara broadcast di WA tanpa save nomor  yang bisa Anda lakukan. Memang hal ini cukup beresiko, namun dengan langkah diatas maka akan dijamin keamanannya.