Ketentuan untuk Membuat Pesan Broadcast di WA

2 min read

Ketentuan untuk Membuat Pesan Broadcast di WA WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang mudah digunakan dan dapat diakses dari manapun. Selain itu, untuk mengakses aplikasi ini juga sudah cukup mudah dan dapat dengan mudah dipasang pada perangkat smartphone apapun.

Salah satu fitur yang cukup menguntungkan bagi penggunanya ialah broadcast atau pesan siaran. Fitur ini dapat membantu Anda dalam mengirimkan pesan kepada banyak orang dalam satu kali pengiriman. Anda tidak perlu membuat sebuah grup khusus untuk menyampaikan sebuah pesan langsung kepada banyak penerima.

Posciety.com

Dalam kebutuhan bisnis dan promosi hal ini cukup efektif yang bisa sampai langsung kepada penerimanya. Pesan broadcast di WA akan terkirim dan dapat diterima oleh penerima yang sudah dipilih dan ditentukan oleh pengirimnya.

Terkadang Anda ingin mengirimkan pesan pribadi dengan konteks atau isi pesan yang sama untuk beberapa orang. Selain itu juga bisa menggunakan WA sender agar pesan bisa memaksimalkan pesan yang masuk.

Penggunaan pesan siaran seperti ini akan lebih efektif jika Anda membutuhkan pengiriman pesan untuk beberapa orang. Akan tetapi, untuk membuat pesan tersebut Anda harus memperhatikan beberapa ketentuan berikut ini.

Nomor Sudah Disimpan

Setiap nomor kontak yang akan mendapatkan pesan broadcasting ini harus sudah disimpan pada kontak telepon yang Anda miliki. Tak hanya nomor penerimanya saja namun Anda juga harus memastikan jika nomor kontak WhatsApp yang Anda gunakan sudah disimpan oleh kontak yang akan menerima pesan tersebut.

bali.tribunnews.com

Seringkali pesan broadcast di WA tidak dapat diterima oleh nomor yang sudah Anda kirimkan dikarenakan nomor yang Anda miliki belum disimpan oleh penerimanya. Jadi sebelum mengirim pesan pastikan penerima atau kontak yang Anda pilih sudah menyimpan nomor yang Anda miliki.

Baca Juga  Inilah Contoh Broadcast WA Dalam Bentuk Promosi

Jumlah Pesan Tidak Terbatas

Berikutnya, dalam menggunakan fitur ini Anda tidak dibatasi oleh jumlah pesan yang bisa dikirimkan. Anda bisa mengirimkan pesan sebanyak apapun namun tetap perlu diperhatikan isinya agar bisa tersampaikan dengan baik. Terkadang meskipun Anda mengirimkan informasi melalui broadcast namun jika terlalu panjang tetap saja penerimanya tidak tertarik untuk membaca hingga selesai.

lemoot.com

Sebisa mungkin Anda membuat pesan broadcast di WA dengan isi yang lebih singkat namun sudah sangat jelas untuk menyampaikan maksud dan tujuan Anda. Beberapa orang seringkali tidak tertarik untuk membuka pesan seperti pada grup karena cenderung spam. pembuatan pesan siaran ini bisa menjadi alternatif dan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Jumlah Kontak

Berikutnya terdapat jumlah kontak yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengirimkan pesan siaran. Jumlah kontak pada ponsel Anda bisa saja cukup banyak sehingga Anda ingin mengirimkannya kepada semua kontak tersebut. Sayangnya jumlah kontak yang dapat menerima pesan seperti ini maksimal hanya 256 kontak.

kubis.online

Jika lebih dari itu maka otomatis WhatsApp akan memberitahukan atau memunculkan pop-up bahwa kontak sudah terlalu banyak. Hal tersebut perlu Anda pahami dan ketahui dengan baik agar Anda bisa membatasi atau memilih kontak yang akan menerima pesan broadcast di WA sesuai dengan kebutuhan dan tingkat urgensinya.

Isi Pesan

Isi pesan yang bisa Anda sampaikan bersifat tidak terbatas dan tidak hanya berupa pesan tulisan. Anda bisa melampirkan gambar, video, ataupun file pada isi pesan tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Akan tetapi, Anda harus tetap memperhatikan isinya agar tetap mengedepankan norma dan kesopanan meskipun sifatnya masih jalur pribadi.

Itulah beberapa ketentuan yang perlu Anda ketahui jika ingin mengirim pesan broadcast di WA. Anda tidak dapat mengirimkan begitu saja tanpa memahami aturan tersebut karena bisa jadi pesan tersebut tidak sampai atau bahkan tidak dihiraukan oleh penerimanya.

Baca Juga  Contoh Broadcast WA Yang Menarik Untuk Dicoba!