Ini Contoh Source Code Chat API WA

1 min read

Ini Contoh Source Code Chat API WA – WhatsApp API chatbot, merupakan fitur WA bisnis yang dibuat secara khusus, untuk bisnis dengan skala menengah dan besar. Didukung dengan berbagai fitur menarik, aplikasi ini tentunya akan sangat membantu bisnis Anda untuk berkembang dengan lebih baik lagi.

Pada WA API chatbot dengan WA API chat reguler, juga terdapat perbedaan. Dimana jumlah admin dan perangkat pada chatbot jumlahnya tidak terbatas, meskipun hanya menggunakan satu nomor saja. Begitu juga dengan lokasi admin, tidak memilik batasan lokasi.

Fitur berikutnya pada API WhatsApp chatbot adalah terdapatnya greentick atau centang hijau. Ciri tersebut menandakan bahwa bisnis yang Anda lakukan sudah lolos verifikasi, yang akan sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan prospek dan pelanggan.

Kelebihan lainnya dari Chat API WA dengan bot adalah WhatsApp Automation. Fitur ini berfungsi sebagai alat menyimpan semua kontak atau database pengguna WA secara otomatis. Hal tersebut terjadi karena aplikasi sudah terintegrasi dengan sistem WA CRM.

Aplikasi WA API sendiri menggunakan bahasa pemrograman yang cukup rumit. Sehingga bagi orang awam, tidak mudah untuk memahaminya. Namun jika Anda ingin mengetahui, bagaimana source code chat API WA, berikut ini adalah contoh-contohnya.

  1. Kirim pesan

Gambar di bawah ini menunjukkan source code yang berisikan cara mengirim pesan ke nomor telepon yang terhubung ke WhatsApp atau ke obrolan grup, dengan menggunakan PHP.

(sumber: chat-api.com)

  • Baca pesan

Berikutnya adalah contoh riwayat percakapan WhatsApp dalam obrolan pribadi dan grup, termasuk sebelum menghubungkan API.

(sumber: chat-api.com)

  • Setel Webhook

Berikut ini adalah contoh source code chat API WA yang merupakan fungsi utama untuk membuat chatbot. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan notifikasi tentang pesan pribadi dan grup, yang dikirim melalui permintaan http yang masuk ke server.

Baca Juga  Cara Broadcast WA ke Semua Kontak

(sumber: chat-api.com)

Cukup rumit bukan untuk memahami benar kode-kode di atas. Namun masalah tersebut tentunya tidak akan Anda temui, bila Anda menggunakan jasa developer aplikasi. Yang pasti, developer sebaiknya telah berpengalaman dan terpercaya, sehingga kemungkinan terjadinya pemblokiran pada nomor Anda tidak akan pernah terjadi.

(sumber: watsap.id)

Kemudian apa sajakah yang perlu Anda persiapkan untuk membuat API Chat WA ini.

  • Menyiapkan Dokumen dan Data Bisnis

Untuk pengajuan WA bisnis API, maka Anda harus menyiapkan dokumen dan data bisnis agar bisa diverifikasi. Tujuannya jelas, agar bisnis Anda memiliki legalitas, yang akan meningkatkan kepercayaan pada konsumen. Di sini, Anda akan diminta untuk memberikan nama bisnis. Kemudian URL situs web, beserta email resmi usaha, hingga SIUP/NIB/NPWP, dan masih banyak lagi.

  • Proses Aktivasi Nomor WhatsApp

Berikutnya adalah memberikan nomor yang akan diaktivasi ke dalam aplikasi. Pastikan Anda tidak salah memberikan nomor yang akan digunakan, karena jika sudah mendapatkan APILink, maka nomor tersebut tidak bisa diubah.

  • Profil Bisnis

Syarat berikutnya adalah mengisi kelengkapan informasi atau profil bisnis Anda. Bagaimana pun juga informasi seperti ini, akan sangat berguna agar bisnis Anda lebih mudah dikenali.

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi ini, maka bisa mencoba aplikasi secara gratis. Selain Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu, Anda juga bisa merasakan manfaatnya. Di sini Anda juga bisa melakukan simulasi, apakah aplikasi bisa berjalan dengan baik atau tidak pada bisnis Anda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai aplikasi beserta contoh source code chat API WA. Melihat begitu besarnya manfaat WhatsApp API ini, maka tidak ada alasan untuk menunda menggunakannya, bukan?