Mengenali Cara Broadcast Pesan di WA dan Mengeditnya

1 min read

Mengenali Cara Broadcast Pesan di WA dan Mengeditnya. Untuk kalian yang suka membuat pengumuman atau pemberitahuan pada orang lain baik teman, keluarga, hingga peserta suatu kegiatan, artikel ini akan sangat membantu. Hal ini karena pada artikel ini akan membahas istilah yang akrab untuk para pengguna aplikasi WhatsApp, yaitu broadcast.

Broadcast atau siaran singkat merupakan pesan singkat yang dikirim ke banyak kontak sekaligus dalam satu waktu, jadi Anda tidak perlu mengirimnya satu-satu ke kontak yang Anda punya. Istilah ini sebenarnya sudah populer sejak zaman aplikasi BBM masih sering digunakan banyak orang. Akan tetapi, setelah muncul aplikasi yang dapat menambahkan kontak secara otomatis hanya dengan menggunakan nomor ponsel, yaitu aplikasi WhatsApp, aplikasi BBM menjadi jarang digunakan hingga akhirnya tidak lagi beroperasi.

Selain itu, aplikasi Whatsapp juga mudah digunakan dan hemat dalam penggunaan paket kuota. Berikut ini adalah cara broadcast pesan di WA beserta penjelasannya. Jika Anda takut untuk melakukannya, disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu pada teman atau keluarga dekat berbagai langkah yang dipaparkan di bawah ini. Langkah pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Whatsapp pada aplikasi Google Store.

Sumber : bukugue.com

Setelah terunduh, klik aplikasi pada ponsel Anda untuk membukanya. Berikutnya, klik ikon titik tiga pada bagian kanan atas layar aplikasi, lalu pilih opsi “Siaran Baru” atau jika setingan Anda Bahasa Inggris, pilih opsi “New Broadcast”. Selanjutnya, Anda dapat memilih kontak yang mana saja yang ingin Anda kirimi pesan broadcast. Kemudian, klik ikon centang yang tertera dan otomatis tampilan layar Anda akan dialihkan pada chat room.

Sumber : infodantips.com

Ketik pesan broadcast yang ingin Anda kirim. Anda juga dapat menambahkan beberapa fitur pada teks dengan berbagai video, link, foto, lokasi, kontak, dan sebagainya. Setelah itu, klik tanda panah yang tertera di bagian kanan untuk mengirim pesan broadcast tersebut. Dengan demikian, pesan broadcast akan terkirim secara otomatis pada chat room kontak yang sudah Anda pilih secara personal atau satu per satu.

Baca Juga  Mengenal Fitur Pada WA Auto Sender

Selain itu, setelah mengetahui cara broadcast pesan di WA, Anda juga dapat memberikan atau mengedit nama atau judul pada broadcast. Pertama, Anda harus membuka broadcast yang telah Anda buat. Setelah itu, klik berbagai kontak yang menerima pesan broadcast pada bagian kiri atas.

Berikutnya adalah dengan mengklik ikon tombol edit atau pensil untuk mengedit atau memberi nama pada pesan broadcast. Selanjutnya adalah dengan menulis nama yang Anda inginkan pada bagian “Daftar Nama Siaran”. Dengan demikian, nama pesan broadcast Anda sudah berubah sesuai yang Anda inginkan.

Sumber : babang.info

Cara broadcast pesan di WA secara personal atau untuk satu kontak saja maka caranya sama seperti yang sudah dijelaskan diatas. Akan tetapi, Anda dapat langsung mengklik kontak yang Anda inginkan dan menuliskan pesan langsung pada chat room tersebut. Apabila, Anda ingin mengetahui pesan tersebut sudah dibaca atau belum, Anda dapat memeriksa ikon centang di bagian kanan bawah pada pesan.

Sumber : suatekno.id

Jika centang satu, maka penerima sedang dalam keadaan offline atau tidak terhubung dengan internet. Adapun jika pengguna centang dua tapi belum berwarna biru maka pesan sudah terkirim, tetapi belum dibaca penerima pesan. Terakhir, jika centang sudah berwarna biru maka pesan sudah dibaca penerima. Itulah cara broadcast pesan di WA yang perlu Anda ketahui, terutama jika Anda aktif dalam bermedia sosial. Informasi ini juga sangat berguna untuk Anda yang ingin berbagi kegiatan umum, seperti seminar dan webinar.