4 Kebiasaan Ibu Hamil Bikin Bayi Terlahir ‘Sumbing’, Nomor 4 Sering Disepelekan Awas!

55 sec read

Memilik anak yang terlahir dengan keadaan normal merupakan impian dan harapan setiap orang tua. Selain itu, bagi Ibu hamil juga harus memperhatikan kesehatan tubuh saat tengah mengandung.

Tak hanya itu, Ibu hamil juga diwajibkan untuk menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang membuat kelahiran anak tak normal seperti dalam kondisi sumbing.

Diantara makanan yang menjadi sumber asam folat adalah sayur-sayuran hijau, buah-buahan seperti alpukat, jus jeruk, jus tomat, biji-bijian seperti gandum, jagung, serta susu dan produk olahan lainnya.

Dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup maka bisa mencegah terjadinya cacat lahir atau cacat sumbing. Berikut beberapa kebiasaan-kebiasaan yang ternyata bisa bikin bayi terlahir sumbing, sebagaimana dikutip dari laman Instagram @docteronline.id.

1. Merokok

Jangan meremehkan asap rokok, bagi Ibu yang terbiasa merokok sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut ketika sedang hamil. Karena meningkatkan risiko janin terlahir sumbing.

Tak hanya bagi perokok aktif, bagi perokok pasif pun harus berhati-hati. Karena Ibu yang tidak merokok tapi sering terkena paparan asap rokok dari lingkungan sekitarnya juga bisa berisiko terhadap janin yang dikandungnya.

2. Alkohol

Ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman berakohol. Sebaiknya hentikan ketika sedang dalam keadaan hamil. Karena sejumlah penelitian telah menemukan kaitan erat antara konsumsi minuman berakohol ketika hamil dengan risiko bayi terlahir dengan bibir sumbing.

3. Obestitas

Buat yang suka makan berlebihan sampai terkena obesitas, sebaiknya turunkan berat badan dulu sebelum hamil. Karena risiko bayi terlahir sumbing meningkat pada Ibu hamil yang mengalami obesitas.

4. Kekurangan asam folat

Asam folat sangatlah penting pada perkembangan janin. Karena itu konsumsi makanan yang mengandung asam folat bahkan dianjurkan sebelum program hamil. Begitu juga saat hamil, ibu harus cukup kadar asam folat.

Baca Juga  Pantas Saja Didepak Tamara Bleszynski! Sempat Dikabarkan Punya Kelainan Seksual, Kini Istri Teuku Rafly Diisukan Jalani Hubungan Gelap dengan Anaknya

Tidak Hanya Vaksin, Ternyata Kopi Juga Diklaim Ampuh Hindari…

Selama pandemi seluruh manusia diwajibkan untuk melakukan vaksin untuk mencegah efek parah yang ditimbulkan Covid-19, tetapi selain itu ada juga kopi yang diklaim bisa...
admin
46 sec read